Senjaku Kian Bermakna

Posting Komentar

 

Senjaku Kian Bermakna

“Melihatmu tersenyum saja bagiku sudah cukup, Na. Tak perlu kau hadirkan senja dalam hatiku.”

“Jangan gitu ih, Ki. Aku kan jadi malu.” 

​Kala itu, dengan kerendahan hatimu, kau tawarkan sedikit waktumu hanya untuk menemaniku menikmati senja yang beberapa waktu terakhir ini hanya menjadi bayang-bayangku. Tak ku sangka, di tengah kesibukanmu kausempatkan untuk menjengukku yang saat ini selalu merindukanmu di setiap kesempatan. Kau tawarkan sebuah nama tempat yang sangat ingin ku kunjungi. Sebuah tempat dimana aku dapat menikmati senja yang selama ini tak pernah ku jamah. Ya, akhir-akhir ini aku hanya bisa menikmatinya lewat celah kecil dari jendela rumahku. Cuaca memang sangat tidak bersahabat beberapa waktu terakhir. Bayangkan, coba! Masa panasnya bisa sampai mencapai 38 derajat. Hal ini membuatku sangat malas meskipun hanya sekedar menyibakkan gorden jendela kamar. Dan hari itu, kau membuatku membuang segala jenis kemalasan yang ada dalam diriku. Dasar, tukang kendali!

​Hanya kau yang dapat mengendalikan semua arah hidupku, perasaanku. Aku sudah seperti tawananmu yang hanya bisa menurut ketika kau menentukan semua yang harus aku lakukan. Sama seperti hari ini. Dengan segala jenis kemalasanku, kau hancurkan semua hanya dengan sebuah ajakan

“Na, temeni aku makan, yuk. Sekalian jalan-jalan lihatsenja,”

Oh my God! Kok bisa? Hanya sebuah ajakan makan darinya meleburkan seluruh kemalasanku yang sudah berkarat ini. Apa yang salah denganku, Tuhan? Tanpa ba-bi-bu segera ku iyakan ajakannya. Setan-setan malas dalam diriku pasti sedang menangis sekarang.

Ya, dan disini aku sekarang. Taman depan kompleks yang sudah tak terawat. Menyedihkan, memang. Tapi, percaya gak percaya, pemandangan di sore hari sangat indah meskipun tamannya sudah lama tidak dirawat. Ini karena tempatnya yang sangat strategis untuk melihat dan menikmati senja. Apalagi jika bersama doi, wkwk. Pasti lebih dari sekadar senang.

“Na, kenapa sih kamu milih tempat ini? Padahal kan banyak tempat yang lebih bagus dari ini. Taman gak terawat, lihat ni kursinya. Gak ada bagus-bagusnya sama sekali.”

“Ssstttt, diam aja kenapa sih, Ki. Kamu belum ngerasain kan lihat senja dari sini? Bagus tau.”

“Sadar dong. Kamu cuma terbawa suasana aja tuh.”

“Udah deh. Diem dulu napa. Setengah jam lagi. Tungguin.”

“Oke-oke. Aku tungguin.”

Dan benar saja. Setelah setengah jam kami duduk, dia cuma bisa bengong dan senyum-senyum sendiri lihat pemandangan indah itu. Tak jauh berbeda, aku pun melakukan ritual yang sama, bengong sambal senyum-senyum sendiri. Entah berapa lama aku berada di situasi itu, aku terlalu menikmati senja sambil berimajinasi. Ketikasadar, Kikan sudah memperhatikan tingkah laku ku yang mungkin aneh banget. Jangan tanya aku gimana perasaankusaat ini. Malu banget, sampai-sampai jantungku tu berdetak gak karuan. Duh, apa-apaan sih Kikan ini.

senjaku kian bermakna

“Na…”

“Eeh apaan Ki?”

“Ternyata kamu benar. Pemandangan di sini indah banget.”

“Tuh kan apa juga aku bilang. Kamu gak percaya sih.”

“Eh, tapi keindahan itu bukan karena senja, Na.

“Terus apa dong?”

“Keindahan itu ada di senyummu. Terlalu memabukkan”

“Iiih apaan sih.”

“Beneran, Na. Melihatmu tersenyum saja bagiku sudahcukup, Na. Tak perlu kau hadirkan senja dalam hatiku.”

“Jangan gitu ih, Ki. Aku kan jadi malu.”

“Kenapa malu?”

“Kalau kamu bilang senyumku memabukkan, itu samaseperti kata-katamu, Ki. Terlalu memabukkan untukku.”

“Na, kau tahu. Yang paling membuatku bahagia saat ini adalah memilikimu. Kamu, yang selalu menjadikan kuutuh.”

“Kamu terlalu berlebihan, Ki. Aku tak sebaik itu. Kamu yang selalu memberikan warna dalam hidupku. Kamu jugayang membuat senjaku kian bermakna. Terimakasih. Kamu yang terbaik.”

“Kamu juga, Na. Yuk, kita pulang. Udah mau maghrib, nih.”

“Oh iya. Yuk.” Sembari melangkah pergi.

“Sheina.”

“Ya?”

“Terimakasih telah menungguku. Ku mohon sabar sedikit lagi. Kita akan selalu bersama setelah ini.”

“Iya, Ki. Sama-sama. Terimakasih telah memperjuangkanku sejauh ini. Aku akan lebih bersabar untuk kebersamaan kita.”

Kikan. Sebuah nama yang kini terpatri dalam hatiku. Sosok yang tak kenal lelah memperjuangkanku. Bagaimana mungkin aku lelah menunggunya, sedang dia tak lelah untukberjuang. Kikan, kau yang membuat senjaku kini kian bermakna atas hadirmu. Aku akan menunggu hingga waktu itu datang. Terimakasih, sayang.


                                                                                                         Karya ; Isna Fitrianingsih

Related Posts

Posting Komentar